contoh essay sederhana

Indonesia Emas Generasi Yang Cerdas
Oleh Rijwan Munawan

Bila kita mendengar kata emas, apa yang terpikir dalam benak kita? Barang yang berharga, barang yang mahal, barang yang indah, atau barang yang tidak ada gunanya sama sekali? Sangat jelas, pasti emas itu adalah sesuatu yang amat berharga dan semua orang ingin memilikinya. Lalu apa yang dimaksud dengan Indonesia Emas? Mengambil dari kata emas itu sendiri bahwa Indonesia emas dimana Indonesia menuju suatu proses kemajuan yang dicita-citakan dan mampu bersaing dengan negara-negara yang lebih dulu maju. Selain itu Indonesia emas juga berkaitan dengan siapa yang ada di dalamnya yang berkontribusi membawa Indonesia menjadi generasi emas. Sudah tentu adalah para generasi emas itu sendiri, yakni pemuda Indonesia, aset bangsa, harapan bangsa, yang akan membawa Indonesia ke masa keemasan. Lalu, generasi emas seperti apa yang  dibutuhkan bangsa ini? Yang pasti pemuda bangsa yang memiliki karakter cerdas.
Pertama, pemuda selaku aset bangsa harus mampu bersaing dengan perkembangan jaman, dimana mereka harus mampu memfilter bari baik dan buruknya akibat dari perubahan jaman ini. Disinilah peran pemuda generasi cerdas diuji. Namun sayang, dari sekian banyak pemuda-pemuda bangsa, banyak dari mereka yang malah menjadi korban dari perkembangan jaman ini. Mereka tidak mampu memfilter, dan yang ada hanya ikut-ikutan terbawa arus kepada kemodernan.
Selain itu, pemuda generasi bangsa yang cerdas adalah dimana mereka memiliki keimanan yang tangguh dengan berpegang teguh kepada nilai-nilai agamanya. Dalam perkembangan jaman ini para pemuda bangsa disuapi aneka hiburan, gaya hidup, hingga gaya berpikir yang tidak sesuai dengan nilai-nilai agama. Dapat kita lihat sehari-hari dalam tayangan televisi yang mempertontonkan acar-acara yang tidak berbobot, serta tidak mengandung ‘’ gizi dan vitamin’’ , mulai dari gosip, sampai sinetron yang jauh dengan pembangunan peradaban budaya bangsa. Tanpa disadari, mereka tengah hanyut di dalamnya.
Tidak mengherankan jika banyak kalangan pemuda bangsa yang hanyut kepada gaya hidup yang membuat mereka lupa akan tugas mereka sebagai aset bangsa. Padahal bangsa ini menunggu tabungannya yang kemudian hari bisa dipakai untuk memajukannya, yakni para pemuda itu sendiri. Namun apabila pemuda bangsanya sendiri seperti itu, apa yang diharapkan oleh bangsa?
Menurut perkiraan dari tahun  2012-2035, Indonesia mendapat bonus demografi, dimana jumlah penduduk usia produktif paling tinggi di antara usia anak-anak dan orang tua. Usia produktif itu adalah para pemuda bangsa dan diprediksikan Indonesia akan menuju emas pada tahun 2045. Maka dari itu bangsa ini harus menyiapkan generasi-generasi emasnya yang cerdas untuk menuju Indonesia emas di tahun 2045. Lalu apa juga artinya menyiapkan Generasi Emas 2045 bila ternyata generasi emasnya sekarang ini, di tiap desah nafasnya ‘’menghirup udara pendidikan gaya hidup, dan kebudayaan’’ yang dengan jelas-jelas dibenci oleh Tuhan dan jauh dari budaya bangsa? Karena  jika suatu bangsa khususnya para pemuda apabila kehilangan jati dirinya, maka bangsa tersebut tidak akan mampu bertahan hidup, bahkan akan punah.
Bila generasi pemuda bangsa benar-benar cerdas dan memiliki misi untuk negara, Bangkitnya Generasi Emas 2045 akan benar-benar menjadi sebuah cita-cita bukan tebar pesona. Indonesia menuju 2045 sangatlah harus diperhatikan oleh siapa pun yang ada di Indonesia saat ini khususnya para pemuda bangsa. Ditahun itulah Indonesia akan merayakan 100 tahun kemerdekaannya. Kemerdekaan yang didapat dengan usaha yang tidak dapat kita balaskan sebagai penerus bangsa. Para pahlawan memberikan seluruh jiwa dan raganya untuk Indonesia agar mendapatkan kemerdekaannya.
Generasi bangsa yang cerdas adalah dimana mereka yang mampu beradaptasi dengan lingkungan jaman yang serba modern tanpa terbawa dengan apa yang ada didalamnya. Generasi cerdas selalu mengisi waktu dengan hal-hal yang positif. Mereka mengasah kemampuan mereka dengan memanfaatkan waktu, yang mana akan mengasah dan mengembangkan potensi yang ada di dirinya. Kemampuan potensi dirinya yang kelak berharga dimasa depannya.
Potensi yang ada dalam diri pemuda generasi bangsa tidak hanya menyangkut upaya dalam mengisi waktu dengan hal positif. Adakalanya dalam mengembangkan potensi dirinya tak jarang menuai cobaan dan halangan. Dan bukan berarti itu gagal, melainkan itu suatu terpaan sebelum ia terjun kedalam kehidupan pengabdian kepada masyarakat secara nyata.

Itulah sosok pemuda cerdas bangsa, tabungan bangsa menuju Indonesia emas. Pemuda bangsa yang diharapkan oleh segenap bangsa. Harapan bangsa ini bukan hanya kepada sosok pemudanya, melainkan juga kepada pemuda yang cerdas, berkarakter, berilmu, dan memiliki mentalitas yang kuat. Bila pemuda bangsa telah memiliki jiwa seperti itu, maka harapan Indonesia menuju Indonesia emas ada di depan mata yang akan teraih dengan gemilang. Jayakan Indonesia 2045. (696 kata)
Previous
Next Post »